Belum Cukup Syarat, Ardiansyah – Muslim Gagal Di Jalur Independen

Enimpedia.com | Sampai dengan batas akhir pendaftaran calon Bupati/Wakil Bupati Muara Enim jalur perseorangan (Independen), terdapat satu pasang Cabup/Cawabup Independent, yakni Ardiansyah – Muslim.

 

Namun sayangnya, meski sudah mendaftar ke KPUD Muara Enim namun berkas pendaftaran dikembalikan oleh pihak KPUD karena berkas tidak memenuhi syarat.

 

Menurut KPUD Muara Enim, berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 532 Tahun 2024 Tentang Pedoman Teknis Pemenuhan Syarat Dukungan Pasangan Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024 dan Surat Edaran KPU Nomor : 707/PL.02.2-SD/05/2024 Perihal Penyerahan Syarat Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan dalam Bentuk Fisik dan Digital.

 

Pada point 4 dijelaskan apabila status hasil pemeriksaan kelengkapan dokumen bakal pasangan calon sebagaimana dimaksud pada angka 3, dinyatakan tidak lengkap dan tidak memenuhi jumlah dukungan minimal dan sebaran, KPU Provinsi/KIP Aceh dan KPU/KIP Kabupaten/Kota memberikan tanda pengembalian menggunakan formulir Model PENGEMBALIAN.DUKUNGAN.KWK-KPU kepada bakal pasangan calon.

 

“Minggu malam (12/05/2024) sekitar pukul 22.00 WIB ada satu pasang Cabup/Cawabup independent, namun kami kembalikan sebab tidak memenuhi syarat,” tegas Ketua KPU Muara Enim Rohani melalui Divisi Tekhnis Penyelenggaraan Nopri Jaya di Kantor KPUD Muara Enim, Senin, 13 Mei 2024.

 

Menurut Nopri bahwa untuk berkas sudah diterima tetapi tidak memenuhi syarat karena antara shoft copy dan hard copy tidak sama jumlahnya,karena tidak memenuhi syarat maka kami kembalikan.

 

Sebab syarat minimal dukungan itu lanjut Nopri musti tersebar di 12 Kecamatan dari 22 kecamatan dalam Kabupaten Muara Enim yaitu sebanyak 50 persen atau sekitar 38.500,namun setelah dilakukan pemeriksaan berkas fisik dukungan perorangan iyang diantarkan sekitar 6000 lembar KTP, sedangkan soft copy sekitar 39.000.

 

“Semalam itu kami melakukan skorsing dan akan Kami lanjutkan skorsingnya hari ini. Nanti yang bersangkutan akan ke sini lagi untuk membuka skorsing,” pungkasnya.

 

Lanjut Nopri kembali, saat ini sudah dilakukan pengembalian dimana waktu pendaftaran sudah habis untuk bakal calon bupati dan wakil bupati Muara Enim dari jalur independen.

 

“Namun kami masih menunggu apakah ada aturan lagi dari KPU RI akan memperpanjang waktu pendaftaran atau tidak dan kita sejauh ini belum ada keputusan,” pungkas Nopri Jaya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *